بسم الله الرحمن الرحيم

以真主的名义,最仁慈,最仁慈 ; सबसे करीम, सबसे रहीम उस अल्लाह के नाम पर ; アッラーの名において、最も優雅で、最も慈悲深い ; 알라의 이름으로, 가장 자비 롭고, 가장 자비 롭다.

Penjelasan Operasional Room Boy

Posted by Ade Nugraha on 11 February 0 comments


       Berikut akan saya jelaskan Operasional Room Boy yang akan diawali dengan Fasilitas penunjangnya, sebagai berikut :

.                  Fasilitas Penunjang Pekerjaan
Di dalam melakukan pekerjaan tentunya ditunjang oleh fasilitas yang baik guna mencapai hasil pekerjaan yang maksimal. Adapun  fasilitas penunjang operasional ini, yaitu

 Bahan Pembersih
a.    Bahan Pembersih Sehari-hari
·         Glass Cleaner
Berfungsi untuk membersihkan kaca dan cermin di kamar tamu.
·         Neutral cleaner
Berfungsi sebagai pembersih serba guna.
·         Bathroom Cleaner
Berfungsi untuk membersihkan toilet bowl dan wash basin di bathroom.
·         Air Freshener
Berfungsi sebagai penyegar ruangan.
b.    Bahan Pembersih berkala
·         Furniture Polisher
Berfungsi untuk mengkilapkan perabotan.
·         Tatty Cleaner
Berfungsi mengkilapkan perabotan yang terbuat dari gelas
·         O2
Berfungsi untuk membersihkan noda-noda hitam yang sukar hilang di permukaan lantai.
·         Helios
Digunakan untuk mengkilatkan bahan yang terbuat dari bahan metal, dan membersihkan besi yang berkarat
·         Lemon Eze
Fungsinya serupa dengan helios
·         Lime Away
Berfungsi untuk membersihkan bahan yang terbuat dari metal yang terdapat di cattle jug 
·         Phone Cleaner
Berfungsi membersihkan dan mengharumkan telepon.
Peralatan Pembersih
a. Alat Pembersih Dengan Mesin
·         Dry Vacuum Cleaner
Digunakan sebagai alat pembersih sehari-hari untuk kamar dan daerah sekitarnya.
Merk                  : TASKI
Nama produk   : Babybora
·         Floor polisher Machine
Digunakan sebagai alat pembersih yang bersifat berjangka untuk menyikat dan mengkilapkan lantai.
b. Alat Pembersih Bukan Mesin
·         Window Squeezer
Digunakan untuk mengeringkan kaca jendela.
·         Room Attendant trolley
berfungsi untuk menyimpan perlengkapan kerja pramugraha.
·         Hand Glove
Berfungsi untuk melindungi tangan saat mempergunakan bahan kimia yang berbahaya.
·         Toilet brush
Berfungsi untuk menyikat bagian dalam toilet
·         Gun sprayer
Berfungsi untuk menyemprotkan bahan pembersih yang ada di dalamnya.
·         Sponge
Berguna untuk mencuci perabotan gelas, atau membersihkan dinding.
·         Hand Brush
Berfungsi untuk menyikat lantai kamar mandi
·         Small  Brush
Berfungsi untuk menyikat bagian pojok lantai kamar mandi dan bagian lainnya yang sulit dijangkau.
·         Handy Caddy
Sebagai tempat untuk menyimpan bahan kimia, untuk dibawa ke dalam kamar pada waktu proses pembersihan.
2          Teknik Operasional
Dalam mengupayakan ketertiban dan kedisiplinan perlu adanya teknik operasional yang sesuai standar perusahaan atau hotel. Dengan adanya standard operational procedure (SOP), diharapkan adanya keseragaman cara kerja, sehingga terhindar dari perbedaan pendapat mengenai standar yang hanya berdasar keyakinan saja sehingga dapat menimbulkan kekacauan dan ketidakharmonisan dengan atasan atau dengan pramu graha lain.
Dimulai dari tata cara sampai istilah-istilah yang dipergunakan di lapangan harus sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh pimpinan atau hotel .
1.        Persiapan
Waktu persiapan dilaksanakan sebelum datangnya waktu pengarahan. Pramu graha diharuskan datang setengah jam sebelum waktu pengarahan. Persiapan bertujuan untuk melengkapi linen, membersihkan trolley, menyiapkan alat-alat pembersih dan bahan pembersih dan merapihkan pantry.
2.        Pengarahan
Pengarahan dilaksanakan selama setengah jam, yaitu berakhir hingga pukul 08.30 WIB. Pengarahan berguna untuk mengevaluasi hasil kerja hari kemarin, dan jika terdapat kesalahan yang tidak sesuai dengan standar operasional atau pekerjaan pramugraha yang melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan keluhan tamu, maka di waktu pengarahan inilah permasalahan tersebut ditelaah dan diselesaikan.
3.        Prosedur Menyiapkan Kamar
Dalam menjalankan rutinitas pekerjaan, seorang pramu graha harus menyiapkan perlengkapan kerja terlebih dahulu dan peralatan kerja lainnya. Seorang pramu graha juga harus mempersiapkan :
·         Master key pramugraha
·         Daily room boy assignment sheet
·         Linen report form
·         Amenities form
·         Missing item form 
·         Room towel saving form.
Setelah semua peralatan kerja disiapkan, maka dilaksanakanlah langkah-langkah pembersihan kamar sebagai berikut :
1.   Memasuki kamar
Diawali dengan mengetuk pintu, menunggu reaksi dari dalam kamar, dan masuk bila dipastikan bahwa kamar telah kosong atau tamu sedang keluar.
Memastikan posisi room attendant trolley menutupi bidang pintu supaya tidak ada orang lain yang masuk ke kamar.
2.      Memulai pembersihan
Memulai pembersihan kamar dengan :
·         Menyalakan lampu bila kamar gelap dan menyalakan pendingin ruangan.
·         Membuka gorden.
·         Membuka jendela (bila kamar tidak memiliki pendingin ruangan).
·         Mematikan lampu-lampu di kamar
·         Menelepon room service bila ada room service tray di kamar
·         Membuang sampah
3.      Memindahkan linen kotor
·     Memindahkan linen kotor di ruang tidur, kamar mandi, ke tempat linen kotor dan membawa linen bersih ke dalam kamar.
·         Mengosongkan asbak dan tempat sampah.
·         Membawa asbak kosong ke kamar mandi untuk dicuci.
4.      Membersihkan kamar mandi
Membersihkan kamar mandi sesuai prosedur yang benar sebagai berikut :
a.    General Bathroom Cleaning
·      Membersihkan bagian atas tembok/dinding di kamar mandi, bagian lampu dan tutup lampu, shower curtain atau shower glass room dan memeriksa hooks apakah ada yang hilang.
·         Mencuci dan membilas ubin kamar mandi
·         Mengeringkan shower curtain
·         Membersihkan cermin kamar mandi
·         Membersihkan bathtub bagian dalam dan luar, lalu mengeringkan dengan kain kering bagian yang berbahan metal di kamar mandi
·      Membersihkan toilet bowl bagian dalam dan luar dan mengeringkan dengan kain kering pada bagian yang berbahan metal dan pipa toilet bowl.
·         Membersihkan wash basin di bagian dalam dan sekitarnya.
·   Memperhatikan setiap barang-barang tamu, pada saat proses pembersihan.
·        Membersihkan dan mengeringkan lantai, dimulai dari dalam hingga ke arah pintu.
·         Menyusun handuk dan mengisi kembali amenities
·         Mematikan lampu kamar mandi
·         Menutup pintu kamar mandi setengah terbuka
b.    Toilet Bowl Cleaning
·     Menyiram toilet dan menambahkan cairan pembersih kedalam toilet, dan membiarkan selama beberapa menit.
·         Membersihkan bagian penutup toilet
·      Membersihkan toilet ring, cover toilet dan water tank dari dalam dan luar
·         Menyikat bagian dalam toilet bowl
·         Menyiram kembali hingga air terlihat jernih
·         Mengeringkan seluruh bagian dan memastikan tidak ada noda air yang tertinggal
·         Menyiram kembali dan memastikan semuanya bersih.
c.    Hand Basin Cleaning
·         Memindahkan bila ada barang-barang tamu
· Membersihkan keran, lubang pembuangan, stopper, dan membersihkan seluruh bagian basin bowl.
·         Mengeringkan dengan kain kering
·         Membersihkan pipa yang berada di bawah
·      Jika ada kerusakan atau kehilangan maka harus dilaporkan kepada supervisor
·         Mengeringkan hand basin dan pelengkap lainnya.
d.    Shower Head cleaning
·     Memisahkan shower head dari pipe portable, menyikat seluruh bagian shower head, terutama pada bagian dimana terdapat kotoran yang mengerak, dengan menggunakan small brush.
·         Mencuci dan mengeringkan semua bagian lalu mengembalikannya ke pipe portable.
e.    Bathroom Floor Cleaning
·         Menyapu lantai sebelum dibersihkan
·     Menyikat lantai dengan air hangat atau dengan pembersih lantai dimulai dari pojokan yang jauh sampai ke arah pintu.
·         Membilas dan mengeringkan dengan baik.
5.      Making bed
Mempersiapkan tempat tidur adalah salah satu prosedur yang harus dijalani bagi seorang pramugraha, dengan cara sebagai berikut :
·         Menarik bed
Menarik bed perlahan lalu merapihkan bed pad yang berada di atas matras. Jika bed pad dalam keadaan basah atau bernoda, maka harus diganti dengan yang bersih.
·         Memasang sheet
Menebar sheet ke segala penjuru bed. Bila sudah tepat dibuatlah teknik mitre dan taking. Posisi jahitan sheet harus berada dibawah
·         Memasang duvet
Menebarkan duvet cover diatas sheet yang telah terpasang lalu memasukan inner duvet ke dalam duvet cover dengan mempertemukan ujung-ujung sudutnya. Setelah inner duvet terpasang di dalam duvet cover, lalu ditebarkan kembali di atas sheet lalu melipat duvet di bagian kepala matras. Kemudian  merapikan lipatan ujung-ujungnya terutama sudut sebelah kiri dan kanan duvet.
·         Memasang pillow
Memasang pillow ke dalam pillow case yang bersih dengan mempertemukan sudut-sudutnya. Setelah terpasang rapi lalu menaruh pillow dengan arah lubang pillow case ke bagian dalam.
·         Menyiapkan throw pillow
Menyiapkan throwpillow dengan posisi salah satu sudutnya menghadap ke bawah. Throwpillow berwarna merah diletakkan di depan pillow yang arahnya dekat dengan pintu masuk ruangan. Throwpillow berwarna orange diletakkan mengarah ke jendela kamar. Throwpillow warna biru diletakkan diantara warna merah dan orange, untuk kamar jenis suite. Throwpillow tidak diletakkan di kamar lantai 8 dan 9.
6.      Dusting
Melakukan proses pembersihan dengan cara yang benar sesuai arah jarum jam atau sebaliknya disertai dengan :
·         Melengkapi amenities untuk tamu.
·         Meletakkan asbak bersih ke tempat asalnya.
·         Meletakkan kembali tempat sampah ke tempat asalnya.
7.      Vacuum
Melakukan proses vacuuming dimulai dari tempat yang terjauh dari pintu kamar hingga ke arah pintu kamar.
8.      Menutup gorden
Menutup dark curtain dan light curtain.
9.      Mopping
Mengepel kamar dari tempat yang dekat dengan jendela hingga ke arah pintu kamar.
10.  Double Check
Mengamati kembali keadaan sekeliling ruangan apakah ada yang tertinggal atau masih terdapat ketidak sesuaian dengan standard operational procedure (SOP).
11.  Menutup pintu
Memastikan pintu telah tertutup rapat
12.  Mengisi formulir-formulir yang telah disediakan dan mengubah status kamar
13.  Menuju kamar berikutnya.

Status Kamar
Status kamar Hotel Novotel Mangga Dua Jakarta adalah sebagai berikut :
a.    Vacant dirty (VD), yaitu status kamar kosong yang belum dibersihkan oleh pramu graham.
b.    Vacant clean (VC), yaitu status kamar kosong yang sudah dibersihkan.
c.    Occupied (O), yaitu status kamar yang sudah terisi oleh tamu.
d. Occupied dirty (OD), yaitu status kamar yang terisi tamu namun belum dibersihkan oleh pramu graham.
e. Occupied clean (OC), yaitu status kamar yang terisi tamu dan sudah dibersihkan.
f.     Do not disturb (DND), yaitu status kamar yang terisi tamu dan tidak boleh diganggu.
g.    Occupied no luggage (ONL), yaitu status kamar yang terisi tamu namun tamu tidak membawa barang bawaan ke kamar.
h.    Double lock (DL), yaitu status kamar yang dikunci ganda dari dalam oleh tamu.
i.  Refused, yaitu status kamar dimana tamu menolak kamarnya untuk dibersihkan.
j.    Ready soon, yaitu status kamar yang sudah dipesan oleh tamu dan tamu sudah datang di hotel.
k.    Sleep out (SO), yaitu status kamar yang sudah dipesan oleh tamu akan tetapi tamu tidak bermalam di hotel.
l.      Inspected (IS), yaitu status kamar yang sudah siap untuk dijual.
m. Out of Service (OS), yaitu status kamar dalam keadaan tidak dapat dijual namun dalam waktu yang tidak lama.
n.  Out of Order (OO), yaitu status kamar dalam keadaan sedang diperbaiki, rusak atau tidak memenuhi standard kamar dalam jangka waktu yang lama.
o.    Check In, yaitu tamu yang datang dan menginap hari ini di hotel.
p.  Check out, yaitu tamu yang meninggalkan hotel dan telah menyelesaikan pembayaran.
q.   Late Check Out, yaitu status kamar dimana tamu tidak check out sesuai waktu standar check out .
r.      Due out, yaitu kamar yang akan check out hari ini.
s.   Stay over, yaitu status kamar dimana tamu tidak check out hari ini, akan tetapi memperpanjang masa menginap di hotel.
t.      Long stay, yaitu status kamar dimana tamu menginap di hotel dalam waktu yang lama.
Program Berkala Pembersihan Kamar
Program berkala dilakukan masing-masing selama satu minggu, yaitu sebagai berikut :
·         Membersihkan sarang laba-laba
·         Membersihkan tembok kamar
·         Dusting furniture
·         Membersihkan lamp shade dan bulbs
·         Spotting sofa
·         Membersihkan kaca jendela
·         Membersihkan teras kamar suite
·         Membersihkan wooden skirting
·         Buffing parquet floor
·         Membersihkan garbage bin
·         Membersihkan AC grill dan exhaust
·         Shampooing carpet di kamar suite
·         Membersihkan cattle jug
·         Membersihkan gantungan pakaian dan kotak penyimpanan uang
·         Membersihkan bathtub dan jacuzzi
·         Membersihkan toilet bowl
·         Membersihkan wash basin
·         Membersihkan peralatan berbahan stainless dan chrome
·         Membersihkan shower glass
·         Membersihkan wall tile
·         Membersihkan lantai dan lubang pembuangan
·         Turned over mattrass
·         Crystallization
·         Membersihkan pintu masuk
·         Membersihkan cup saucer dan glasses
·         Mencuci glass curtain

Penulis : Ade Nugraha