ATASI RAMBUT RONTOK DAN KETOMBE DI KAPAL

Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara atasi rambut rontok dan ketombe saat kita berada di kapal. Kadar kandungan klorin yang lumayan cukup tinggi untuk air mandi membuat para crew kapal mengalami masalah yang dari generasi ke generasi masalah ini tidak bisa dianggap sepele. 

Rambut rontok dan ketombe yang bila dibiarkan selama bertahun tahun, sedikit demi sedikit akan membuat rambut kepala anda tidak seindah dulu dan tidak seindah waktu anda sebelum hidup di kapal. Banyak crew-crew kapal kalau kita perhatikan rambut kepalanya sudah jarang, atau bahkan tidak memiliki rambut sama sekali alias botak.


Cara-cara yang biasa dilakukan oleh para awak kapal untuk mengurangi masalah rambut tersebut biasanya dengan tidak kena langsung ke kepala saat air yang keluar dari tap shower. Biasanya air yang baru keluar dari tap shower dihalangi dengan salah satu tangan. Cara lain yaitu dengan tidak menggunakan air panas saat mencuci rambut kepala.


Namun, apabila cara diatas masih tidak berpengaruh terhadap rambut kepala anda, alias rambut masih ketombean dan mengakibatkan rontok, carilah shampoo yang cocok buat rambut kepala anda. Shampoo yang cocok saat kita di rumah belum tentu cocok digunakan saat kita di kapal. 

Mencari shampoo yang cocok untuk dikapal memang sangat gampang gampang susah. Susah sekali sih sebenernya. Dari pengalaman teman saya yang sudah bertahun tahun hingga sekarang masih belum ketemu shampoo yang cocok untuk kepala rambutnya, alhasil rambut nya sekarang semakin menipis.


Pertama kali saya bekerja dikapal saya diresahkan dengan rambut rontok karena ketombe. Bertahun tahun bereksperimen mencoba shampoo lain masih juga ketombe tidak hilang hilang. Setelah tiga tahun lamanya suatu ketika saya menemukan shampoo bekas tamu di incinerator (tempat pembuangan akhir di kapal yang mana sampah dipisah pisah berdasarkan jenisnya) merk Selsun. Shampoo merk ini di Indonesia juga ada, akan tetapi untuk jenis ini tidak ada. Nama shampoo tersebut adalah Selsun Blue Dandruff Shampoo Itchy Dry Scalp. Karena masih ada setengah lagi, saya ambil saja buat percobaan. 

Setelah dipakai sekitar satu minggu alhamdulillah rambut kepala saya tidak ketombean lagi dan rambut tidak rontok akhirnya setiap kontrak saya selalu membeli shampoo ini di amazon. Saya mencari-cari di toko-toko di Indonesia dan toko online sangat sulit sekali mencari barang ini.

Selain masalah shampoo yang digunakan, juga harus diperhatikan mental kejiwaan kita saat di kapal, seperti tingkat stress yang berlebihan juga akan mempengaruhi kualitas rambut kepala. Stress yang yang tidak diatasi secara langsung dan berkepanjangan akan mengakibatkan rambut kepala rontok tak terhindarkan lagi. Lakukanlah hal-hal yang membuat anda rilex sekecil apapun akan sangat berpengaruh penting bagi kesehatan rambutkepala anda.

Mungkin setiap rambut kepala berbeda-beda, namun tidak ada salahnya anda mencoba seperti yang saya alami, terutama anda yang baru-baru bergelut di dunia perkapalan, baik itu kapal pesiar ataupun kapal-kapal lainnya. Selamat mencoba ya ...




.