PERAYAAN HUT USA 4 JULI 2018 DI ALASKA

Kemeriahan Independent Day United State Of America

Tanggal 4 Juli 2018 kapal saya berlabuh di salah satu desa di Alaska yaitu Skagway. Skagway ini adalah salah satu desa kecil di Alaska yang sering dikunjungi oleh para pelancong di seluruh dunia. Wisata yang paling dikenal adalah tur kereta api alaska yang berdurasi sekitar 45 menit, menyajikan pemandangan eksotik es di setiap perjalanannya. Selain itu juga ada wisata tur ikan paus, memancing dan lainnya. 

Dilihat dari sejarahnya, desa ini pada abad ke 18 merupakan hunian para petambang emas. Di tengah desa diantara keramaian terdapat beberapa lokasi musium yang menunjukkan eksistensinya para pendahulu mereka tinggal di desa ini. Untuk menuju ke tengah desa ini, dari tempat kapal saya berlabuh membutuhkan waktu sekitar 15 menit. 

Dan di tengah perjalanan anda akan melewati sebuah danau dan sungai kecil dimana terdapat banyak sekali ikan salmon. Sangat menarik sekali ikan salmon ini berenang dari hilir menuju hulu danau. Merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan ikan salmon ini seolah olah mereka berlomba lomba secepatnya menuju hulu danau.


Kembali ke perayaan kemerdekaan Amerika Serikat, perayaan hari spesial ini tidak jauh dengan perayaan kemerdekaan di negara kita tercinta, Indonesia. Ada sedikit perbedaan yang dikarenakan perbedaan budaya saja. Awalnya pada hari itu, tanggal 4 Juli di Skagway saya tidak ada rencana sama sekali untuk main keluar kapal. 

Namun, setelah melihat buletin harian kapal bahwa di luar sana di Skagway akan diadakan beberapa acara untuk memperingati perayaan kemerdekaan USA. Saya pun berubah pikiran dan muncul lah rasa penasaran saya. Saya memutuskan untuk main keluar dan melihat seperti apa keramaiannya.


Seperti yang saya bicarakan di atas, melewati sungai dan danau di tengah perjalanan sangat mengasikkan sekali melihat sekawanan ikan salmon berenang dari hilir sungai menuju hulu danau dan saya pun berpikir kalau seandainya hal ini terdapat di daerah saya, maka akan banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk menangkapnya. Hingga tiba di tepi jalan yang telah ditutup  dengan kendaraan alat berat sehingga tidak ada kendaraan lain yang boleh masuk. Seperti Car Free Day kalau di Jakarta dan Bogor. 

Saya melihat food street yang diadakan oleh salah satu bar disini, makanan Amerika yang itu itu aja yaitu burger, hotdog, sandwitch dan lainnya termasuk minuman.  Sebagian warga memakai kostum baju yang unik dan menari-nari dijalan atau bahkan menyanyi yel yel yang saya ga ngerti. 


Selama hari perayaan terdapat lomba lomba yang cukup menarik dan disambut antusias oleh warga sini. Diantaranya adalah lomba panco, lomba balap sepeda lambat, lomba membuat rel kereta dan lomba sand bag. Lomba panco diadakan di pagi hari dan saya tidak sempat melihatnya. Lomba balap sepeda disini cukup menarik, yaitu terdapat trek sepanjang sekitar 20 meter dan bisa di ikuti oleh peserta hingga memuat lebar jalan. 

Yang harus dilakukan oleh peserta adalah mengendarai sepeda mereka dengan lambat tanpa harus menapakkan kaki ke tanah. Barang siapa yang menapakkan kaki ke tanah maka dia tidak boleh melanjutkan perjalanannya hingga garis finish. Lomba membuat rel kereta, saya juga tidak tahu peraturan nya bagaimana, yang jelas saya melihat satu persatu dipanggil oleh juri dan melakukan atraksi palu paku rel.  Dan yang terakhir yang paling menarik dan paling banyak pesertanya yaitu lomba sand bag.