google-site-verification=bTz7TPFTHQ5H1Lsso4GPcW_VRPFu6IPnD-IReX2HIE0

بسم الله الرحمن الرحيم

以真主的名义,最仁慈,最仁慈 ; सबसे करीम, सबसे रहीम उस अल्लाह के नाम पर ; アッラーの名において、最も優雅で、最も慈悲深い ; 알라의 이름으로, 가장 자비 롭고, 가장 자비 롭다.
"Masih banyak yang ada di langit dan di bumi, Horatio Dari yang dimimpikan dalam falsafahmu, There are more things in heaven and earth, horatio Then are dreamt of in your philosophy." * William Shakespeare*.

PUASA RAMADHAN DI ALASKA 2018

Posted by Ade Nugraha on 21 May 0 komentar


Di hari pertama puasa Ramadhan 1439 H semua umat muslim di seluruh dunia menyambut dengan gembira. Begitu juga bagi para muslim di kapal pesiar yang mana saat ini kapal saya berada di Alaska. Ini yang ke-3 kali saya menjalankan ibadah puasa di kapal. Mungkin pelaut lain sudah berkali-kali apalagi yang sudah puluhan tahun bekerja.

Kami bangun pukul setengah dua pagi untuk makan sahur. Penasaran kan bagaimana puasa ramadhan di Alaska. Lanjut ya guys ...


Selama lebih dari 4 bulan kapal ini akan berada di Alaska dengan home port Whittier dan Vancouver Canada. Untuk rata rata jam puasa di wilayah ini adalah kira kira 18 jam, karena waktu subuh disini adalah sekitar pukul setengah 4 dan waktu maghribnya sekitar pukul setengah 10. Jadi bisa anda bayangkan dan bandingkan perbedaan waktu puasa di Alaska dan di negeri kita tercinta.


Bukan pertama kalinya saya puasa ramadhan di Alaska ini, kontrak pertama dan kontrak kedua juga saya pernah alami puasa ramadhan. Untuk perbedaan waktu di Alaska dengan di Jakarta yaitu 15 jam, sekarang disini pukul 23.00 waktu Alaska tanggal 20 May 2018, sedangkan di Jakarta pukul 14.00 WIB tanggal 21 May 2018.


Walaupun puasa di Alaska sangat panjang namun ternyata rasanya sama saja seperti puasa di tanah air. Maksudnya walaupun disini panjang puasanya namun sama saja seperti halnya menjalani puasa sekitar 13,5 jam di tanah air. Teman teman negara lain yang non muslim disini mereka selalu bertanya penasaran atau bahkan berceloteh 

"hah kamu masih hidup, walaupun tanpa makan dan minum seharian?" bertanya keheranan. 

Sebelum puasa ramadhan tiba, salah satu teman kita mengajukan usul kepada pihak terkait akan disediakan makan sahur selama satu bulan di crew mess, tempat makan krew kapal. Dan itu alhamdulillah sudah disetujui. Akhirnya setiap jam sahur disediakanlah makan sahur khusus muslim yang menjalan ibadah puasa ramadhan. Makanannya spesial masakan indonesia. Mantap kan guys, lanjut ya ...

Tips dan Triks agar anda menjalankan puasa di Alaska tetap lancar agar tetap bertekat bulat dengan niat yang sungguh-sungguh. Kurangi aktifitas yang sekiranya dapat menyebabkan cepat lelah. Jangan kaget kalau berat badan anda turun 5 - 10 Kg dan diharuskan agar selalu makan sahur, karena jika tidak sahur ditakutkan badan anda tidak kuat.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 H