9 CARA AMPUH MENYEMBUHKAN SAKIT MAAG

9 Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Maag


Karena banyaknya permintaan agar saya membuat artikel tentang sakit maag ini, akhirnya saya mencoba untuk menulisnya. Sebelumnya saya membuat vidio youtube yang alhamdulillah sangat bermanfaat bagi yang menontonnya, terbukti dengan banyak yang komen positif di youtube saya dan mencapai lebih dari 35ribu viewer. 

Sebelum saya menjelaskan kembali apa yang ada di youtube, sebenarnya tidak begitu rumit tentang penyembuhan sakit maag ini, akan tetapi memang sangat sukar sekali pantangannya. Dari sekian penderita maag rata rata tidak bisa mengontrol pantangan meraka, yang akhirnya sakit maagnya dari tahun ke tahun bertambah parah. Jangan anggap sepela dengan sakit maag. 

Selain dapat mengganggu aktifitas anda, sakit maag jika sudah kronis akan sangat fatal akibatnya jika tidak ditangani segera dengan serius dan berkala. Baiklah berikut adalah hal yang perlu diperhatikan oleh penderita sakit maag :


1. Hindari makanan yang pedas dan asam


Ini adalah pantangan yang sangat berat bagi para penderita maag karena memang sebagian besar orang indonesia itu suka pedas. Makanan sajian di luar rumah menyajikan berbagai macam pedas dan selera yang membuat perut anda memanggil-manggil anda untuk singgah. 

Bagi orang sunda makanan asam terutama saat makan bakso biasanya menggunakan cuka yang banyak alias demem asem dan juga demen pedas. Sangat tidak dipungkiri memang enak memang lezat, akan tetapi bagi mereka penderita maag ada istilah berani ambil enak berani ambil akibatnya. Setelah makan perut terasa mulas, badan panas, sebentar sebentar ke toilet dan itu sangat mengganggu sekali aktifitas anda.

2. Makanlah dengan teratur


Lambung penderita maag itu sangat sensitif sekali sedikit waktu saja makan telat lambung sudah kerasa tidak karuan. Dulu ketika saya masih punya sakit maag. Telat satu jam saja makan siang lambung saya sudah banyak mengeluarkan banyak gas dan akibatnya lambung jadi kembung. Telat hingga 4 jam badan sudah terasa meriang dan lagi lagi jika tidak makan akan berakibat fatal.

3. Makanlah yang cukup, tidak terlalu kenyang


Bagi penderita maag asupan makanan adalah hal yang penting. Makan dan minuman yang masuk ke lambung akan sangat berpengaruh penting bagi anda. Karena jika salah sedikit saja seperti, porsi asupan makan terlalu banyak ke lambung. Lambung akan terasa padat dan lagi lagi lambung anda akan terasa tidak enak setelah beberapa menit kedepan.

4. Minumlah air putih 3 teguk sebelum makan


Minum air putih terlebih dahulu sebelum makan fungsinya agar lambung terisi dengan air  dan gesekan dilambung nantinya tidak terlalu kering. Lebih bagus lagi sebelum makan kalau menu makan anda berupa sup, minum dulu supnya beberapa teguk atau beberapa sendok. Setelah itu barulah makan

5. Minumlah air sagu sehari sekali


Dulu ketika saya masih punya maag saya suka minta ke ibu saya agar dibeliin sagu. Sagu itu setau saya adalah tepung yang terbuat dari singkong atau tepung tapioka. Saya juga gapernah beli lagi tepung ini semenjak maag saya sudah pulih.

6. Sarapan nasi goreng kunyit baik untuk lambung


Setiap pagi usahakanlah sarapan dengan nasi goreng kunyit karena kunyit bagus sekali buat lambung. Ibu saya suka sekali memasak nasi goreng kunyit buat sarapan, tambah telur tambah sayuran wortel dan gorengan. Karena jika hanya meminum air kunyit langsung, rasanya sungguh tidak enak. Walaupun khasiatnya akan lebih bagus.

7. Kendalikan emosi anda, tidak stress


Mengendalikan emosi anda sangatlah penting. Raba lah perasaan anda penuh dengan cinta.  Kurangi perasaan-perasaan yang tidak mengenakan jiwa anda seperti contohnya menjalani hubungan percintaan yang tidak sehat (suka bertengkar dengan pacar). 

Hindarilah teman yang suka mengganggu perasaan anda yang dapat menimbulkan anda benci, kecewa, marah dan sebagainya. Pilihlah teman yang bisa membuat kejiwaan anda nyaman dan tentram. 

Memiliki pekerjaan yang tidak disukai oleh anda itu pun akan mudah terkena stress dan akibatnya lambung yang menjadi korban, ketika stres lambung anda akan memproduksi lebih banyak zat asam dan akan melukai lapisan lambung anda di dalam. Juga anda harus lebih pintar dalam mengatasi stres, ketika stres jangan dibiarkan berlarut larut terpendam di dalam diri anda. 

Bagi anda yang sulit memaafkan orang lain, gunakanlah 3 kata ampuh untuk mensugesti nya : Forgive, Forget, dan Release artinya maaflah, lupakanlah lalu buanglah. Karena jika anda terus memendam mendam rasa tidak ikhlas dalam diri anda lama kelamaan anda akan terus memikirkan hal itu dan lama kelamaan lambung anda lah yang menjadi korban.

8. Melakukan Pijat Refleksi

Pijat tangan untuk penderita maag, sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

Untuk pijat refleksinya bisa anda lihat sendiri di youtube channel saya. Pijat refleksi ini merupakan pengalaman penulis ketika masih menderita maag.

9. Berpikirlah Positif


Berpikir positif ini juga adalah hal yang penting bagi para penderita lambung karena rata rata mereka yang menderita sakit maag awalnya terlalu banyak pikiran negatif yang terpendam di dalam. Sehingga hal ini juga lama kelamaan akan merusak organ lambung anda karena seperti contoh anda suka berpikiran jelek terhadap seseorang, maka akan sangat berpengaruh kedalam lambung anda. 

Lepaskanlah pikiran pikiran negatif itu dan gantilah dengan pikiran pikiran yang baik dan positif. Ini merupakan pengalaman saya.


Demikianlah tulisan singkat ini saya buat yang merupakan pengalaman penulis sendiri. Hampir selama 3 tahun saya secara rutin mempraktekkan 9 cara tersebut. Terus terang untuk nomer satu, dua dan tiga penulis kadang gagal untuk menahan pantangan itu. Untuk nomor 5 dan 6 dilakukan hanya sekedarnya saja jika sempat. Untuk nomer 7 dan 9, penulis dari tahun ke tahun semakin baik untuk mempraktekannya. Dan untuk nomer 8 penulis sering sekali mempraktekkannya terutama dikala maag kambuh.