MANFAAT TEPUNG TAPIOKA UNTUK PENDERITA MAAG

Selamat datang kembali sobat semua, sudah lama nih saya tidak menulis artikel baru. kali ini saya akan coba menulis tentang manfaat tepung tapioka untuk penderita maag dan bagaimana cara mengolahnya. 

Tulisan ini saya buat menurut pengalaman saya sendiri, karena dulu semenjak kuliah saya adalah salah satu dari ribuan warga Indonesia yang memiliki gangguan sakit maag. Akan tetapi sekarang tidak perlu khawatir karena maag saya sudah sembuh total 100 persen. Dari sekian cara menyembuhkan sakit maag, salah satunya adalah dengan menkonsumsi tepung tapioka. Dengan cara ini sangat manjur sekali bila kita melakukannya dengan rutin.

Sebelum membahas lebih jauh, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu tepung tapioka? nama tapioka itu sebenarnya berasal dari bahasa portugis dari kata Tupi yang bila diartikan mengolah singkong agar dapat dikonsumsi secara aman oleh manusia. Nama lain dari tepung tapioka yaitu tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), dan karena saya berasal dari suku sunda saya mengenal tepung ini dengan nama tepung aci atau tepung sagu.

Kalau sobat semua belum tahu juga apa itu tepung tapioka ini, tanyakan saja pada penjual makanan-makanan jajanan buat anak kecil, dan sekarang sudah berkembang ke orang dewasa juga. 

Orang-orang sunda sangat piaway sekali dalam mengolah tepung tapioka ini, dibuat dengan berbagai rupa makanan anak-anak yang dikenal seperti cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), cilor (aci pake telor), cimol (aci molen), cilung (aci digulung) dan lain sebaginya. 

Biasanya mereka mangkal di sekolah sekolah dasar, namun zaman now, mereka bisa mangkal dimana saja, di pinggir jalan, di stasiun, di parkiran, dan seterusnya.

Baiklah! setelah kita tahu apu itu tepung tapioka dan kita tidak salah beli, marilah kita bahas agar tepung ini bermafaat bagi lambung kita. Saya tidak menjelaskan secara detail apa dan mengapa tepung ini berguna bagi penderita maag. Saya hanya tahu dari orang tua saya ketika saya sering mengeluh sakit maag, orang tua saya menyediakan tepung ini untuk dikonsumsi. 

CARA PERTAMA

Cara pertama adalah cara orang tua saya dulu, yaitu dengan menuangkan tepung tapioka ini di air hangat kedalam gelas sebanyak 2 sendok makan. Setelah di campur dengan air hanyak maka aduklah secara perlahan. Setelah larut dalam air maka minumlah. 

Minumlah larutan tepung tapioka ini satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan. minumlah tiga kali sampai 6 kali sehari. Bagi anda yang masih ragu dengan kesterilan tepung ini, biasanya tepung ini di sangrai dulu sebelum dimasukkan kedalam air hangat. 

Sangrailah tepung ini tanpa campuran apapun hingga kelihatan kekuning kuningan. Kalau dulu saya langsung saja di larutkan kedalam air hangat dan alhamdulillah sakit maag saya yang kambuh kembali pulih kembali seiring waktu.

CARA KEDUA

Cara yang kedua ini saya temukan sendiri. Awalnya cara ini saya peroleh agar dalam masa penyembuhan tidak repot-repot untuk membuat air hangat, karena waktu itu saya ngekos jadi saya ingin yang praktis saja. Belilah tepung tapioka di warung sebanyak seperempat kilo. Juga belilah susu bubuk fresian flag, atau susu bubuk dancow atau sejenisnya. 

Tepung sagu yang sudah dibeli masukkanlah toples atau wadah lain yang menurut anda pantas dan bisa ditutup rapih. Tepung tapioka yang sudah dimasukan wadah tadi campurlah dengan susu bubuk instan yang sudah dibeli dengan skala 1:1. Setelah dimasukkan aduklah dua bahan bubuk tersebut hingga merata. 

Konsumsilah tepung campuran tersebut sebagai cemilan. Sebelum makan, sesudah makan, ketika perut sedikit lapar namun belum waktunya makan, dan seterusnya. Bisa dilakukan sambil nonton tv, sambil nyuci, sambil nyetrika maupun sambil mengerjakan tugas kuliah.