MENAIKI TANGGA KE TEN THOUSAND BUDDHIST TEMPLE

Jalan mendaki ke Ten Thousand Budhist Temple Hongkong

Pengalaman yang berkesan ketika kapal saya berlabuh di Hongkong tepatnya di Khai Tak Hongkong Cruise Terminal di Kwun Tong. Sehari sebelumnya saya sangat senang sekali karena kami semua mendapatkan extra break dengan membagi dua tim. Satu tim kerja dari pagi hingga siang dan tim yang satunya lagi dari siang hingga malam.

Jadi begini ceritanya, ketika pembagian dimulai secara spontan saya mendapatkan kerja dari pagi hingga siang, setelah jam satu siang saya bebas hingga malam dan bekerja lagi di esok hari seperti biasa.

Dimulai dari extra break itulah saya merencanakan trip yang menarik di Hongkong dan yang belum pernah saya singgahi. Saya memilih Ten Thousand Budhist Temple karena letaknya lebih dekat dibanding Patung Budha Tian Tan yang dekat air Port Hongkong.

Esok harinya, kerja dimulai pagi dan kita semua menunggu dengan sabar hingga pukul satu siang. Saya tidak sempat mengajak teman yang lain karena waktunya yang mepet dan mereka juga ada acara masing-masing.

Rata-rata dari mereka para crew pergi ke Harbor dan ada juga hanya sekedar mencari wifi gratisan. Ada yang sudah janjian bersama keluarganya di Hongkong seperti teman saya Heru dia akan bertemu dengan kakanya yang bekerja sebagai kapal pesiar juga dan mereka janjian bertemu di Harbor Pukul 4 sore.  Ada juga yang sekedar diam di mall dan berbelanja.

Sebenernya saya malas sekali jalan sendiri di Hongkong ini, karena sudah lama tidak menginjakkan kaki di Hongkong, terakhir tahun 2015 ke Hongkong jadi sudah 3 tahun lamanya. Sambil mengingat-ingat saya pun mencari teman mengajak teman yang lain akan tetapi tidak ada yang mau bareng dikarenakan jadwal istirahat yang berbeda atau juga dikarenakan sudah ada acara masing masing.

Selesai bekerja saya langsung ganti baju. Diterminal saya tukarkan uang USD 20 dan 4$ Singapore, semuanya saya sapat 165 $HK jadi ya sepertinya cukup buat jalan jalan, beli souvenir dan makan. Di terminal kita sudah disediakan shuttle bus menuju Plaza Hollywood di Diamond Hill.

Setibanya di Plaza Hollywood saya menggunakan jasa transportasi MTR Hongkong, karena selain lebih murah juga cepat. MTR Hongkong itu berada di bawah tanah jadi dari Plaza saya turun menggunakan eskalator-eskalor MTR.

Harga tiket MTR 10$HK dari Diamond Hill Station ke Sha Tin Station. Untuk mendapatkan tiket MTR sebelum kita masuk ada mesin-mesin tiket yang cukup tekan tombol tujuan yang ada di display lalu masukan uang 10$HK nya.

Lokasi Ten Thousand Buddhist Temple berada di Sha Tin. Untuk mencapai ke sana dari Hollywood Hill naik MTR transit di Kowloon Tong lalu naik jurusan Lo Wu turun di Sha Tin.

Tiba di Sha Tin keluarlah menuju exit B lalu belok kiri, hanya butuh waktu 5 menit saja untuk tiba di gerbang depan. Akan tetapi untuk mencapai bukit, kita harus menaiki anak-anak tangga yang curam dan berliku sepanjang kurang lebih 300 m.

Dimulai dari tangga pertama anda akan disambut oleh patung patung Budha dari bawah hingga ke atas. Patung-patung itu berada disisi kiri dan kanan tangga seolah-olah menyambut kedatangan anda. Patung berwarna emas itu berbeda-beda wajah dan bentuk. Waktu itu saya tiba pukul stengah 2 siang.

Tiba di atas tercium wangi dupa yang berada di depan halaman kuil, terlihat asap dupa terbawa angin ke berbagai arah. Sekitar 10 meteran dari pembakaran dupa tersebut ada patung Dewi Kwan Im dan Patung yang saya tidak tahu, setinggi 7 meteran.

Tak jauh dari patung itu ada pagoda berwarna merah setinggi mungkin 15 meter. Jalan di halaman kuil sambil menikmati tiupan angin di atas bukit telah menghilangkan rasa lelah saya setelah berjalan manaiki anak-anak tangga.