JOB DESK GUEST LAUNDROMAT ATTENDANT DI KAPAL PESIAR

HOUSEKEEPING PUBLIC AREA



Salam sahabat semua. Sebelumnya saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa hari pertama bagi umat muslim sedunia terutama di Indonesia. 


Kali ini saya akan menjelaskan tentang pekerjaan saya kontrak kemarin. Kebetulan kontrak kemarin itu saya dipercaya sebagai Guest laundomats Attendant. Pekerjaannya mencakup area guest loundromats, hit squads dan membantu handyman dalam set up di public area.


Laundromat ini merupakan fasilitas berbayar dari perusahaan untuk tamunya. Guest londromat ini dengan kapal yang memiliki kapasitas hingga 3500 orang ini memiliki 8 ruangan laundromats. 5 ruangan kecil kapasitas 2 mesin cuci dan 2 mesin pengering. 3 ruangan besar kapasitas 4 mesin cuci dan 4 mesin pengering. 


Untuk satu kali cuci dan 1 kali pengering, tamu dikenakan masing-masing satu koin. Satu koin untuk mesin dikenakan USD 3. Dan untuk deterjen, pewangi dikenakan USD 1.5. Fasilitas ini boleh digunakan oleh semua tamu hotel kecuali tamu hotel level platinum dan elite karena mereka sudah mendapatkan complementary dari perusahaan layanan laundry gratis.


Di bawah ini adalah job desk dari Guest laundromats Attendant. Adapun job desk di bawah ini sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa :


  1. Bertanggung jawab dalam kebersihan dan perawatan Guest Laundromats.
  2. Untuk terus menjaga area berada di atas standar pekerjaan perusahaan sehari-harinya.
  3. Untuk mengecek Interlock dari mesin cuci.
  4. Untuk membersihkan saringan mesin pengering.
  5. Agar menandatangani form yang sudah disediakan di ruangan.
  6. Untuk memastikan bahwa mesin cuci bersih. 
  7. Untuk memastikan kontainer sabun selalu terisi oleh kotak deterjen.
  8. Untuk memvakum dan membersihkan area belakang mesin cuci dan pengering.
  9. Agar selalu mengecek keadaan area setrika seperti papan setrika dan memastikan setrikaan dalam kondisi bersih dan siap digunakan.
  10. AC ventilasi agar selalu dibersihkan.
  11. Membantu handyman dalam set up public area.
  12. Berperan penting dalam Hit Squad operational.
  13. Agar melaporkan kerusakan ke Public Area Spv atau Superior lainnya.
  14. Menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh Public Area Spv dan Assistant Housekeeper.

CHEMICAL YANG DIGUNAKAN 

  1. Ecolab Oasis 133 All Purpose / Pembersih serba guna untuk membersihkan permukaan luar mesin cuci dan pengering, kontainer deterjen dan permukaan lainnya.
  2. Virox 5 Untuk sanitasi seluruh hand tauch point di area. 
  3. Ez-Off untuk membersihkan setrikaan untuk melicinkan permukaan setrikaan.
  4. First Impression untuk mengkilapkan metal di area laundromats.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN

  1. Dry Vacuum mesin Back Pack untuk membersihkan debu dari area belakang mesin, juga untuk area filter pengering.
  2. Magic Eraser untuk menghilangkan coretan-coretan di mesin, bulk head dan permukaan lainnya.
  3. Small Brush untuk membersihkan pojokan-pojokan di area mesin dan ruangan.
  4. Yellow rags untuk lap permukaan.
  5. Wet Vacuum untuk menyedot air kalau seandainya ada banjir di area.
  6. Walky Talky, alat ini sangat penting sekali bagi guest laundromats jika ada kerusakan, stok deterjen habis atau yang sering dialami adalah para tamu tidak bisa menggunakan mesin itu sendiri sehingga mereka membutuhkan bantuan.
  7. Sponge, Untuk membersihkan lantai yang membandel dilakukan bersama dengan chemical didalam ember.

PEKERJAAN BERKALA

  1. Sanitasi dilakukan dengan frekwensi tinggi 48 jam setelah penerimaan tamu baru, artinya selama 48 jam itu diprioritaskan untuk sanitasi area fungsinya supaya area bersih dari virus-virus tamu sebelumnya.
  2. Area filter mesin pengering, dibersihkan dari debu-debu dengan cara divacuum dilakukan setiap 3 hari sekali. 
  3. AC air ventilation, dibersihkan dengan mencuci filter di wash bashin, setelah itu dikeringkan, setelah kering lalu pasang kembali. Dilakukan setiap seminggu sekali.
  4. Isi ulang deterjen dan pewangi pakaian disesuaikan dengan cruise.
  5. Isi ulang koin token disesuaikan dengan cruise.

Sebagai guest laundromat assistant agar selalu siap siaga apabila ada tamu yang membutuhkan bantuan di area laundromat. Komunikasi yang dijalankan yaitu, pertama tamu menghubungi front desk dengan menekan hunting 6000 di telepon yang sudah disediakan di ruangan. Kedua, front desk akan menghubungi public area spv. ketiga, public area spv akan menghubungi attendant agar segera menuju lokasi.

Adapun hal-hal yang biasa dihadapi oleh attendant adalah sebagai berikut :


Tamu tidak tahu cara menggunakan mesin token dan mesin cuci itu sendiri, sehingga attendant agar selalu memperkenalkan cara mempergunakan fasilitas di laundromat.


Adanya kerusakan pada mesin seperti air terisi kurang, pengering tidak panas, ada kelebihan air sehingga mengakibatkan banjir, koin token tidak keluar, kotak deterjen tidak keluar, mesin tidak nyala, setrikaan tidak panas dan lain sebagainya.


Komplain dikarenakan cucian terkena noda. Ada beberapa sebab cucian tamu terkena noda, bisa diakibatkan dari filter pengering yang kotor, bisa diakibatkan oleh air yang kotor. Bila ini terjadi baju yang terkena noda kita pisahkan dan dicatat di form service laundry dan dikirim ke main laundry untuk diproses hanya dalam satu hari. Service ini tidak dikenakan biaya kepada tamu.


Adanya komplain yang disebabkan oleh tamu lain seperti, salah satu tamu memindahkan cucian tamu lain tanpa seizin yang bersangkutan. Tamu mengganggu ketentraman tamu lain dan lain sebaginya. Dalam hal ini attendant harus piawai menghadipi masalah agar kedua belah pihak tenang dan menyelesaikan masalah dan tamu kembali tersenyum.



Demikian sahabat-sahabatku sekalian semoga tulisan ini bermanfaat sebagai gambaran saja kali saja sahabat ketika pertama kali kerja di Kapal Pesiar di Housekeeping Public Area ditugaskan sebagai Guest Loundromats Attendant.


1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete