FAKTA PENGUCAPAN SAPAAN WAKTU DALAM INGGRIS ??

KAPAN PENGUCAPAN GREETING TIME GOOD MORNING, GOOD AFTERNOON, DAN GOOD EVENING ?



Hai sahabat semua, kali ini saya akan membahas sapaan waktu (Greeting time) dalam Inggris. Sahabat semua pasti sudah tidak asing lagi dengan sapaan ini : good morning, good afternoon dan good evening. Sejak di bangku sekolah pasti sudah diajarkan oleh guru Inggris kita bagaimana dan kapan kalimat itu diucapkan. 

Baiklah akan saya bahas dari awal yang lazim kita ketahui di lingkungan kita dan sekolah kita bahwa untuk pengucapan good morning atau selamat pagi diucapkan dimulai dari Pukul 24:00 - 11:59 siang. Setelah itu dilanjut dengan pengucapan good afternoon dimulai dari Pukul 12:00 - 18:00 petang. Dan yang terakhir adalah good evening atau selamat malam diucapkan mulai Pukul 18:01 - 23:59 malam.

Saya akan berbagi pengalaman saya ketika bekerja di shift malam. Saat itu rata-rata passanger di kapal saya adalah orang Melbourn Australia. Saat itu adalah cruise New Zealand, artinya orang-orang ini sedang liburan paket New Zealand atau wisata New Zealand. 

Jadi, karena saya kerjanya malam, nyapu nyapu, ngelap ngelqp, sedat sedot kapal pesiar persiapan untuk esok pagi agar kapal sudah bersih sudah kinclong saat tamu tamu itu memulai aktifitas besok. Singkat cerita takala hari sudah pagi Pukul 03:00. Karena tamu tamu ini kalau saat besoknya masih dilaut (at sea), rata-rata dari mereka kalau dalam bahasa bung Rhoma mah begadang. waktu itu saya sedang operasi rutin di area saya dan seperti biasa tamu yang belum tidur melewati area saya. Saya pun greeting "good morning, sir!" alangkah kagetnya saya dibalas dengan "are you kidding me? it's still evening". Oke sayang bilang. Sambil terheran-heran, penasaran, setiap ada yang lewat saya ucapkan kembali good morning, pada jam-jam antara Pukul 01:00 - 04:00 pagi. 

Dan tau gak sih Sob, jawaban mereka sama. Ada yang bilang "are you serious?", ada juga malah merasa tersinggung dan marah. Dari pengalaman di atas, ternyata apa yang saya pelajari bukanlah hal yang baku. Ucapan sapaan yang saya pelajari mungkin hanya berlaku untuk di Indonesia saja. Bagi orang Australi a sepertinya pengucapan good evening dimulai dari Pukul 06:00 petang hingga mereka tertidur, jadi kalau Pukul 03:00 pagi bertemu mereka masih good evening. Dan ucapan good morning dimulai saat mereka terbangun dari tidur. Misal mereka terbangun pukul 04:00 pagi maka ucapkan good morning. 

Ada lagi setelah saya baca baca di salah satu situs luar bahwa pengucapan good evening itu dimulai dari Pukul 17:00 hingga Pukul 05:00 pagi. Ucapan good morning dimulai Pukul 05:00 - 11:59 siang, dan good afternoon di mulai Pukul 12:00 - 17:00 sore. Jadi, sebenarnya dalam pengucapan greeting menurut saya tergantung pada siapa kita bicara. Untuk orang Eropa, atau Amerika mungkin akan berbeda, terutama batas antara malam dan pagi.

Demikian lah sahabat semua sedikit cerita pengalaman saja. Mungkin ada sahabat-sahabat yang baca yang lebih ngerti atau punya pengalaman lain bisa di share pengalamannya di komen bawah ini.

No comments:

Post a Comment