Berikut akan saya jelaskan Operasional Room Boy yang akan diawali dengan Fasilitas penunjangnya, sebagai berikut :
. Fasilitas
Penunjang Pekerjaan
Di
dalam melakukan pekerjaan tentunya ditunjang oleh fasilitas yang baik guna
mencapai hasil pekerjaan yang maksimal. Adapun
fasilitas penunjang operasional ini, yaitu :
Bahan Pembersih
Bahan Pembersih
a.
Bahan
Pembersih Sehari-hari
·
Glass
Cleaner
Berfungsi untuk
membersihkan kaca dan cermin di kamar tamu.
·
Neutral
cleaner
Berfungsi
sebagai pembersih serba guna.
·
Bathroom
Cleaner
Berfungsi untuk
membersihkan toilet bowl dan wash basin di bathroom.
·
Air
Freshener
Berfungsi
sebagai penyegar ruangan.
b.
Bahan
Pembersih berkala
·
Furniture
Polisher
Berfungsi untuk
mengkilapkan perabotan.
·
Tatty
Cleaner
Berfungsi
mengkilapkan perabotan yang terbuat dari gelas
·
O2
Berfungsi untuk
membersihkan noda-noda hitam yang sukar hilang di permukaan lantai.
·
Helios
Digunakan untuk
mengkilatkan bahan yang terbuat dari bahan metal, dan membersihkan besi yang
berkarat
·
Lemon
Eze
Fungsinya
serupa dengan helios
·
Lime
Away
Berfungsi untuk
membersihkan bahan yang terbuat dari metal yang terdapat di cattle jug
·
Phone
Cleaner
Berfungsi
membersihkan dan mengharumkan telepon.
Peralatan Pembersih
a.
Alat Pembersih Dengan Mesin
·
Dry
Vacuum Cleaner
Digunakan
sebagai alat pembersih sehari-hari untuk kamar dan daerah sekitarnya.
Merk : TASKI
Nama produk : Babybora
·
Floor
polisher Machine
Digunakan
sebagai alat pembersih yang bersifat berjangka untuk menyikat dan mengkilapkan
lantai.
b. Alat
Pembersih Bukan Mesin
·
Window
Squeezer
Digunakan untuk
mengeringkan kaca jendela.
·
Room
Attendant trolley
berfungsi untuk
menyimpan perlengkapan kerja pramugraha.
·
Hand
Glove
Berfungsi untuk
melindungi tangan saat mempergunakan bahan kimia yang berbahaya.
·
Toilet
brush
Berfungsi untuk
menyikat bagian dalam toilet
·
Gun
sprayer
Berfungsi untuk
menyemprotkan bahan pembersih yang ada di dalamnya.
·
Sponge
Berguna untuk
mencuci perabotan gelas, atau membersihkan dinding.
·
Hand
Brush
Berfungsi untuk
menyikat lantai kamar mandi
·
Small Brush
Berfungsi untuk
menyikat bagian pojok lantai kamar mandi dan bagian lainnya yang sulit
dijangkau.
·
Handy
Caddy
Sebagai tempat
untuk menyimpan bahan kimia, untuk dibawa ke dalam kamar pada waktu
proses pembersihan.
2 Teknik
Operasional
Dalam
mengupayakan ketertiban dan kedisiplinan perlu adanya teknik operasional yang
sesuai standar perusahaan atau hotel. Dengan adanya standard operational
procedure (SOP), diharapkan adanya keseragaman cara kerja, sehingga
terhindar dari perbedaan pendapat mengenai standar yang hanya berdasar
keyakinan saja sehingga dapat menimbulkan kekacauan dan ketidakharmonisan
dengan atasan atau dengan pramu graha lain.
Dimulai
dari tata cara sampai istilah-istilah yang dipergunakan di lapangan harus
sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh pimpinan atau hotel .
1.
Persiapan
Waktu persiapan
dilaksanakan sebelum datangnya waktu pengarahan. Pramu graha diharuskan datang
setengah jam sebelum waktu pengarahan. Persiapan bertujuan untuk melengkapi linen,
membersihkan trolley, menyiapkan alat-alat pembersih dan bahan pembersih
dan merapihkan pantry.
2.
Pengarahan
Pengarahan
dilaksanakan selama setengah jam, yaitu berakhir hingga pukul 08.30 WIB.
Pengarahan berguna untuk mengevaluasi hasil kerja hari kemarin, dan jika
terdapat kesalahan yang tidak sesuai dengan standar operasional atau pekerjaan
pramugraha yang melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan keluhan tamu, maka
di waktu pengarahan inilah permasalahan tersebut ditelaah dan diselesaikan.
3.
Prosedur
Menyiapkan Kamar
Dalam
menjalankan rutinitas pekerjaan, seorang pramu graha harus menyiapkan
perlengkapan kerja terlebih dahulu dan peralatan kerja lainnya. Seorang pramu
graha juga harus mempersiapkan :
·
Master
key pramugraha
·
Daily
room boy assignment sheet
·
Linen
report form
·
Amenities
form
·
Missing
item form
·
Room
towel saving form.
Setelah semua
peralatan kerja disiapkan, maka dilaksanakanlah langkah-langkah pembersihan
kamar sebagai berikut :
1. Memasuki kamar
Diawali
dengan mengetuk pintu, menunggu reaksi dari dalam kamar, dan masuk bila
dipastikan bahwa kamar telah kosong atau tamu sedang keluar.
Memastikan
posisi room attendant trolley menutupi bidang pintu supaya tidak
ada orang lain yang masuk ke kamar.
2.
Memulai
pembersihan
Memulai
pembersihan kamar dengan :
·
Menyalakan
lampu bila kamar gelap dan menyalakan pendingin ruangan.
·
Membuka
gorden.
·
Membuka
jendela (bila kamar tidak memiliki pendingin ruangan).
·
Mematikan
lampu-lampu di kamar
·
Menelepon
room service bila ada room service tray di kamar
·
Membuang
sampah
3.
Memindahkan
linen kotor
· Memindahkan
linen kotor di ruang tidur, kamar mandi, ke tempat linen kotor dan
membawa linen bersih ke dalam kamar.
·
Mengosongkan
asbak dan tempat sampah.
·
Membawa
asbak kosong ke kamar mandi untuk dicuci.
4.
Membersihkan
kamar mandi
Membersihkan
kamar mandi sesuai prosedur yang benar sebagai berikut :
a.
General
Bathroom Cleaning
· Membersihkan
bagian atas tembok/dinding di kamar mandi, bagian lampu dan tutup lampu, shower
curtain atau shower glass room dan memeriksa hooks apakah ada
yang hilang.
·
Mencuci
dan membilas ubin kamar mandi
·
Mengeringkan
shower curtain
·
Membersihkan
cermin kamar mandi
·
Membersihkan
bathtub bagian dalam dan luar, lalu mengeringkan dengan kain kering
bagian yang berbahan metal di kamar mandi
· Membersihkan
toilet bowl bagian dalam dan luar dan mengeringkan dengan kain kering
pada bagian yang berbahan metal dan pipa toilet bowl.
·
Membersihkan
wash basin di bagian dalam dan sekitarnya.
· Memperhatikan
setiap barang-barang tamu, pada saat proses pembersihan.
· Membersihkan
dan mengeringkan lantai, dimulai dari dalam hingga ke arah pintu.
·
Menyusun
handuk dan mengisi kembali amenities
·
Mematikan
lampu kamar mandi
·
Menutup
pintu kamar mandi setengah terbuka
b.
Toilet
Bowl Cleaning
· Menyiram
toilet dan menambahkan cairan pembersih kedalam toilet, dan membiarkan selama
beberapa menit.
·
Membersihkan
bagian penutup toilet
· Membersihkan
toilet ring, cover toilet dan water tank dari dalam dan
luar
·
Menyikat
bagian dalam toilet bowl
·
Menyiram
kembali hingga air terlihat jernih
·
Mengeringkan
seluruh bagian dan memastikan tidak ada noda air yang tertinggal
·
Menyiram
kembali dan memastikan semuanya bersih.
c.
Hand
Basin Cleaning
·
Memindahkan
bila ada barang-barang tamu
· Membersihkan
keran, lubang pembuangan, stopper, dan membersihkan seluruh bagian basin
bowl.
·
Mengeringkan
dengan kain kering
·
Membersihkan
pipa yang berada di bawah
· Jika
ada kerusakan atau kehilangan maka harus dilaporkan kepada supervisor
·
Mengeringkan
hand basin dan pelengkap lainnya.
d.
Shower
Head cleaning
· Memisahkan
shower head dari pipe portable, menyikat seluruh bagian shower
head, terutama pada bagian dimana terdapat kotoran yang mengerak, dengan
menggunakan small brush.
·
Mencuci
dan mengeringkan semua bagian lalu mengembalikannya ke pipe portable.
e.
Bathroom
Floor Cleaning
·
Menyapu
lantai sebelum dibersihkan
· Menyikat
lantai dengan air hangat atau dengan pembersih lantai dimulai dari pojokan yang
jauh sampai ke arah pintu.
·
Membilas
dan mengeringkan dengan baik.
5.
Making
bed
Mempersiapkan
tempat tidur adalah salah satu prosedur yang harus dijalani bagi seorang pramugraha,
dengan cara sebagai berikut :
·
Menarik
bed
Menarik bed
perlahan lalu merapihkan bed pad yang berada di atas matras. Jika
bed pad dalam keadaan basah atau bernoda, maka harus diganti dengan yang
bersih.
·
Memasang
sheet
Menebar sheet
ke segala penjuru bed. Bila sudah tepat dibuatlah teknik mitre
dan taking. Posisi jahitan sheet harus berada dibawah.
·
Memasang
duvet
Menebarkan duvet
cover diatas sheet yang telah terpasang lalu memasukan inner
duvet ke dalam duvet cover dengan mempertemukan ujung-ujung
sudutnya. Setelah inner duvet terpasang di dalam duvet cover,
lalu ditebarkan kembali di atas sheet lalu melipat duvet di
bagian kepala matras. Kemudian
merapikan lipatan ujung-ujungnya terutama sudut sebelah kiri dan kanan duvet.
·
Memasang
pillow
Memasang pillow
ke dalam pillow case yang bersih dengan mempertemukan
sudut-sudutnya. Setelah terpasang rapi lalu menaruh pillow dengan arah
lubang pillow case ke bagian dalam.
·
Menyiapkan
throw pillow
Menyiapkan
throwpillow dengan posisi salah satu sudutnya menghadap ke bawah. Throwpillow
berwarna merah diletakkan di depan pillow yang arahnya dekat dengan
pintu masuk ruangan. Throwpillow berwarna orange diletakkan mengarah
ke jendela kamar. Throwpillow warna biru diletakkan diantara warna merah
dan orange, untuk kamar jenis suite. Throwpillow tidak
diletakkan di kamar lantai 8 dan 9.
6.
Dusting
Melakukan
proses pembersihan dengan cara yang benar sesuai arah jarum jam atau sebaliknya
disertai dengan :
·
Melengkapi
amenities untuk tamu.
·
Meletakkan
asbak bersih ke tempat asalnya.
·
Meletakkan
kembali tempat sampah ke tempat asalnya.
7.
Vacuum
Melakukan
proses vacuuming dimulai dari tempat yang terjauh dari pintu kamar
hingga ke arah pintu kamar.
8.
Menutup
gorden
Menutup dark
curtain dan light curtain.
9.
Mopping
Mengepel kamar
dari tempat yang dekat dengan jendela hingga ke arah pintu kamar.
10.
Double
Check
Mengamati kembali
keadaan sekeliling ruangan apakah ada yang tertinggal atau masih terdapat
ketidak sesuaian dengan standard operational procedure (SOP).
11.
Menutup
pintu
Memastikan
pintu telah tertutup rapat.
12.
Mengisi
formulir-formulir yang telah disediakan dan mengubah status kamar.
13.
Menuju
kamar berikutnya.
Status Kamar
Status kamar
Hotel Novotel Mangga Dua Jakarta adalah sebagai berikut :
a.
Vacant
dirty (VD),
yaitu status kamar kosong yang belum dibersihkan oleh pramu graham.
b.
Vacant
clean (VC),
yaitu status kamar kosong yang sudah dibersihkan.
c.
Occupied
(O), yaitu
status kamar yang sudah terisi oleh tamu.
d. Occupied
dirty (OD),
yaitu status kamar yang terisi tamu namun belum dibersihkan oleh pramu graham.
e. Occupied
clean (OC),
yaitu status kamar yang terisi tamu dan sudah dibersihkan.
f.
Do
not disturb (DND),
yaitu status kamar yang terisi tamu dan tidak boleh diganggu.
g.
Occupied
no luggage (ONL),
yaitu status kamar yang terisi tamu namun tamu tidak membawa barang bawaan ke
kamar.
h.
Double
lock (DL),
yaitu status kamar yang dikunci ganda dari dalam oleh tamu.
i. Refused, yaitu status kamar dimana
tamu menolak kamarnya untuk dibersihkan.
j. Ready
soon,
yaitu status kamar yang sudah dipesan oleh tamu dan tamu sudah datang di hotel.
k.
Sleep
out (SO),
yaitu status kamar yang sudah dipesan oleh tamu akan tetapi tamu tidak bermalam
di hotel.
l.
Inspected
(IS),
yaitu status kamar yang sudah siap untuk dijual.
m. Out
of Service (OS),
yaitu status kamar dalam keadaan tidak dapat dijual namun dalam waktu yang tidak
lama.
n. Out
of Order (OO),
yaitu status kamar dalam keadaan sedang diperbaiki, rusak atau tidak memenuhi
standard kamar dalam jangka waktu yang lama.
o.
Check
In, yaitu
tamu yang datang dan menginap hari ini di hotel.
p. Check
out, yaitu
tamu yang meninggalkan hotel dan telah menyelesaikan pembayaran.
q. Late
Check Out,
yaitu status kamar dimana tamu tidak check out sesuai waktu standar check
out .
r.
Due
out, yaitu
kamar yang akan check out hari ini.
s. Stay
over,
yaitu status kamar dimana tamu tidak check out hari ini, akan tetapi
memperpanjang masa menginap di hotel.
t.
Long
stay,
yaitu status kamar dimana tamu menginap di hotel dalam waktu yang lama.
Program
Berkala Pembersihan Kamar
Program berkala
dilakukan masing-masing selama satu minggu, yaitu sebagai berikut :
·
Membersihkan
sarang laba-laba
·
Membersihkan
tembok kamar
·
Dusting
furniture
·
Membersihkan
lamp shade dan bulbs
·
Spotting
sofa
·
Membersihkan
kaca jendela
·
Membersihkan
teras kamar suite
·
Membersihkan
wooden skirting
·
Buffing
parquet floor
·
Membersihkan
garbage bin
·
Membersihkan
AC grill dan exhaust
·
Shampooing
carpet di
kamar suite
· Membersihkan cattle jug
·
Membersihkan
gantungan pakaian dan kotak penyimpanan uang
·
Membersihkan
bathtub dan jacuzzi
·
Membersihkan
toilet bowl
·
Membersihkan
wash basin
·
Membersihkan
peralatan berbahan stainless dan chrome
·
Membersihkan
shower glass
·
Membersihkan
wall tile
·
Membersihkan
lantai dan lubang pembuangan
·
Turned
over mattrass
·
Crystallization
·
Membersihkan
pintu masuk
·
Membersihkan
cup saucer dan glasses
·
Mencuci
glass curtain
Penulis : Ade Nugraha